Home » » Wisata Budaya - Upacara Adat dan Tari-Tarian di Kabupaten Maros

Wisata Budaya - Upacara Adat dan Tari-Tarian di Kabupaten Maros

Written on Saturday, September 27, 2014 | 8:27 AM

Kabupaten Maros selain menawarkan berbagai objek wisata alam, juga menawarkan Wisata Budaya yang tidak kalah menarik untuk di ikuti atau disaksikan. Meskipun belum sepopuler wisata budaya yang ditawarkan oleh Bali ataupun Toraja namun cukup atraktif dan membuka wawasan kita tentang khasanah Budaya Tradisional Bugis-Makassar di Sulawesi Selatan khususnya Kabupaten Maros. Berikut Upacara Adat dan Tari-Tarian yang menjadi potensi Wisata Budaya di Kabupaten Maros :

1. Upacara Adat Appalili

foto oleh Fajrin Yusuf
Barang-barang yang disiapkan untuk perjamuan dan upacara adat Appalili
di Balla Lompoa Kabupaten Maros

Appalili adalah suatu rangkaian upacara adat sebelum memasuki musim tanam padi (bulan November). Upacara adat ini merupakan ritual yang dilaksanakan sebagai simbol permohonan agar Yang Maha Kuasa menurunkan berkahnya sehingga kelak sawah-sawah dapat panen melimpah dan dijauhkan dari bencana baik hama maupun bencana alam.

Dalam upacara adat ini, petani sebelum kesawah akan mengambil perkakas kerajaan Karaengnga yang disimpan di loteng (lantai atas pada rumah panggung) Balla Lompoa (Rumah Adat yang berarti "Rumah Yang Besar/Agung") ke tempat khusus yang sudah tersedia. Peralatan tersebut diantaranya adalah Batang Pajjeko yang akan digunakan untuk membajak sawah. Batang pajjeko ini selain memiliki nilai sejarah juga merupakan lambang kebesaran Kabupaten Maros. Setelah semua perkakas lengkap, Gandrang Kalompoang (Gendang Kebesaran/Agung) dibunyikan sebagai tanda acara adat dimulai dan dimulai pula proses penjahitan Kelambu Kalompoang (kelambu kebesaran). Hasil jahitan yang terdiri dari seprei, pembungkus dan alas kemudian disiapkan setelah shalat ashar untuk perjamuan adat. 

foto oleh Fajrin Yusuf
Prosesi Perjamuan Adat di Balla Lompoa
Pada malam harinya, diadakanlah perjamuan adat atau paempo adat yang dihadiri oleh pemangku adat, penasehat adat dan gallarang tujua (kepala dusun), tokoh tani dan pemerintah yang bertujuan untuk membahas masalah-masalah yang dihadapi dalam pertanian dan mencari solusi untuk membantu petani keluar dari masalah tersebut. 

Keesokan harinya, pada pukul 05.00, barang barang yang telah disiapkan dari kemarinnya akan diarak menuju sawah milik kerajaan Marusu yang bergelar Torannu (orang yang berbahagia), setelah sampai di sawah dimulailah prosesi bajak sawah menggunakan Batang Pajjeko yang ditarik oleh Tedong (sapi atau kerbau) sebanyak dua ekor dan diakhiri dengan mengelilingi sawah sebanyak tiga kali. Setelah itu rombongan akan kembali ke Balla Lompoa.

2. Upacara Adat Katto Bokko

Para petani yang turun ke sawah
Upacara adat Katto Bokko  atau biasa disebut Anggalle Ulu Ase (mengambil pucuk padi) merupakan kelanjutan dari Upacara Adat Appalili. Acara ini adalah rangkaian acara adat sebagai simbol rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa atas berkah hasil panen yang diraih. Khususnya pada tanah Arrajang (tanah Kerajaan) Torannu.

Acara katto boko dimulai pada pagi hari dengan mengetam padi dan hasilnya diikat sesuai kebiasaan, dengan ikatan khusus mengunakan alat tradisional yang terdiri dari 12 ikatan kecil dan 2 ikatan besar. Kemudian diadakan arak-arakan untuk mengantar hasil ketaman padi tersebut ke Rumah Adat Balla Lompoa. Di Balla Lompoa, diadakan penjemputan menurut adat kerajaan Marusu oleh pemangku adat, para dewan adat, penasehat adat, pemerintah dan para petani.

3. Tarian Ma'raga


foto oleh Yusuf Ahmad
Tarian Ma'raga

foto oleh Yusuf Ahmad
Tarian Ma'raga
Tarian ini adalah atraksi yang menampilkan kelihaian dan keterampilan dalam memainkan bola Raga (bola takraw) menggunakan varisai gerakan yang tidak biasa. Seperti memainkan bola sambil di soppo (menaiki pundak rekannya/bopong) atau memasukkan raga ke dalam passapu (kain pengikat kepala yang berbentuk segitiga) tanpa menyentuh bola menggunakan tangan.

Tarian ini dimainkan oleh 6 (enam) orang laki-laki menggunakan pakaian adat yang diiringi oleh instrumen musik adat berupa gendang, gong dan pui'-pui'. Tarian ini biasa dimainkan dalam acara penyambutan tamu, pesta panen dan acara adat lainnya.

4. Tarian Mapeepe'-pepe'

Tari Mapepe pepe
Tarian ini dimulai dengan memperlihatkan kemampuan silat pemain dengan jurus-jurus pencak silat yang dimilikinya diiringi alunan musik yang cepat dan bersemangat menggunakan instrumen musik adat seperti gendang, gong dan pui'pui. Kemudian para pemain mulai membakar bagian-bagian tubuh mereka (tangan dll) menggunakan api dari obor. Meski demikian para pemain terlihat tidak terluka atau terbakar oleh api tersebut.

Tarian ini bersifat sakral dan dilakukan dengan mempertunjukkan kekebalan pemain/penari terhadap api. Karena bersifat sakral tidak semua orang dapat memainkan tarian ini. hanya orang-orang pilihan atau orang yang dianggap memiliki kesaktian yang dipercaya untuk membawakan tarian ini.


5. Tari Bunting Berua

Tari bunting Berua  adalah sebuah tradisi seni tari yang diciptakan untuk menyemarakkan pesta adat perkawinan Bugis-Makassar. Maknanya adalah membawa suasana gembira dan bahagia untuk ke dua mempelai dan segenap keluarga yang menghadiri. Karenanya tari bunting berua khusus dimainkan pada acara-acara perkawinan adat khususnya perkawinan keluarga bangsawan.

foto oleh Muh. Noer A.
Tari Bunting Berua
6. Tari Kalabbirang


Foto Oleh Ilham Halimsyah
Tari kalabbirang
Dimasa lampau tarian ini biasa dimainkan oleh putra dan putri raja dalam acara kerajaan sehingga diberi nama Tari Kalabbirang yang berarti keanggunan/kemuliaan karena mempertunjukkan keanggunan dan kemulian dari putra dan putri kerajaan.

Tarian ini dimainkan oleh 7 orang putri dan 6 orang putra diiringi instrumen musik tradisional seperti gendang, suling dan katto-katto. Di Kabupaten Maros tarian ini biasa dimainkan di Lingkungan Kassi Kebo Kecamatan Maros Baru.

7. Tari Mappadendang


foto oleh Yusuf Ahmad
Tari Mappadendang

Mappadendang adalah pagelaran kesenian tradisional yang menampilkan tarian dan aksi pencak silat. Tarian ini merupakan perwujudan rasa syukur sekaligus hiburan masyarakat khususnya bagi petani setelah panen. Tarian ini dilakukan dengan mengelilingi lesung sambil memegang alu/antan kemudian dilanjutkan dengan memukulkan ujung alu pada pinggiran lesung secara bergiliran dengan irama tertentu, irama yang bergembira dan bersemangat.


Share this article :

2 komentar:

  1. wah keren ini tarian adatnya, selain terkenal dengan tempat wisata , ternyata ada adat istiadat dan budayanya yang sangat unik

    ReplyDelete
  2. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    ReplyDelete

Klik Disini

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Sok Pintar Sok Tahu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger